5 Fakta Unik Website Pendaftaran KTP Online Disdukcapil Tangsel


Manfaat kemajuan teknologi informasi salah satunya bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat segala urusan manusia di muka bumi. Salah satu contohnya adalah website Sistem Kependudukan dan Pencatatan Sipil milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan (Disdukcapil Tangsel). Website dengan alamat link http://siakcapil.tangerangselatankota.go.id/ ini bertujuan melayani pendaftaran bagi penduduk yang ingin mengurus administrasi seperti cabut berkas, pembuatan KTP, Akta kelahiran, Akta Keluarga, dan lain sebaganya. Dengan website ini pemohon secara mudah cepat dan aman dapat mendaftarakan diri guna mendapatkan jadwal kapan pemohon berhak untuk mengurus administrasi secara langsung di kantor Disdukcapil dan kapan pemohon mendapatkan jadwal untuk mencetak KTP elektronik. Penjadwalan ini bertujuan agar tidak tidak terjadi kerumunan orang yang bisa menyebabkan resiko menyebarnya virus COVID 19.  Namun ada fakta unik  ditemukan oleh team redaksi tangselpos.com pada website siakcapil ini loh. Setidaknya ada 5 fakta unik yang banyak dikeluhkan oleh warga tangsel diantaranya:

  1. Login hanya bisa jam 10 pagi s/d jam 4 sore.

Berbeda dengan website-website pada umumnya yang bisa login  selama 24 jam nonstop. Website Siakcapil milik Disdukcapil hanya bisa di akses jam 10 pagi s/d jam 4 sore di hari kerja. Jadi bagi kamu yang sibuk bekerja atau orang kantoran tetap harus menyediakan waktu di tengah kesibukan kerjaan kantormu. Padahal kalau bisa login di hari weekend atau diluar jam kantor,  pastinya website ini akan banyak membantu sekali ya guys. Website kok seperti kantor ya ikut libur?

2. Konfirmasi Pendaftaran yang membingungkan

Jika umumnya saat kita membuat account baru  pada sebuah website, kita diminta memberikan nomer hp  untuk mendapatkan kode konfirmasi, namun jika di website Disdukcapil anda akan kebingunan karena tidak dikirimnya kode konfirmasi ke nomer hp namun dikirim ke alamat email kita. Padahal di website tertera “Kode konfirmasi akan kami kirim melalui nomor Hp. Gabut banget kan nungguin kode konfirmasi di handphone berjam-jam ternyata dikirim ke email.

3. Sulitnya mendapatkan jadwal.

Ini yang paling menjengkelkan, saat kita login kemudian mendaftar eh..ternyata  kuota pendaftar sudah penuh. Jika kuota sudah penuh anda hanya akan diberikan pilihan harus login dan mendaftar lagi keeseokan harinya, jika keesokan harinya sudah penuh lagi, anda harus login dan mendaftar lagi lusa, jika kuota masih tetap penuh anda harus mendaftar lagi sampai minggu depan, bahkan bulan depan sampai anda mendapatkan jadwal. Unik bukan?  kenapa gak di tampung dulu aja ya di database setiap data pemohon yang masuk. Dari data yang masuk kan bisa di atur jadwalnya disesuaikan oleh petugas Disdukcapil jadi tidak perlu pemohon login berulang ulang.

4. Sering mendapatkan penghargaan namun banyak mendapat hujatan.

Disdukcapil Tangsel sering mendapatkan penghargaan, bahkan banyak kota-kota lain yang melakukan studi  banding ke Disdukcapil Kota Tangsel berkaitan dengan penyelenggaraan pelayanan administrasi pencatatan sipil. Namun jika kita lihat di ulasan google sangat kontradiktif, banyak keluhan warga berkaitan dengan pelayanan Disdukcapil yang buruk. Bahkan keluhan ini sudah terjadi sejak dua tahun yang lalu. Unik bukan?

Lihat ulasan keluhan warga mengenai website disdukcapil tangsel : https://goo.gl/maps/ZsqkNqKhygSKsd5R8

5. Sering Perbaikan System

Setiap fasilitas benda atau barang sudah pasti pernah mengalami kerusakan gangguan yang membutuhkan perawatan dan perbaikan . Namun apa jadinya jika perbaikan system sering dilakukan. Sudah jam operasional websitenya sedikit ditambah lagi seringnya terjadi perbaikan system. Sudah pasti kualitas pelayanan kepada masyarakat tidak maksimal. Kebayang gak sih kalau ini mesin pesawat terbang, Coba bayangin aja sendiri guys

Demikian 5 fakta unik website Siakcapil Kota Tangerang Selatan, website yang melayani pendaftaran KTP secara online dan terintegrasi. Semoga keunikan keunikan tersebut segera di bumi hanguskan, diperbaiki agar pelayanan kepada masyarakat semakin meningkat. Karena untuk jadi Juara tidak harus mendapatkan piala atau penghargaan yang terpenting kita bisa melakukan yang terbaik secara maksimal.

(Visited 7 times, 1 visits today)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One thought on “5 Fakta Unik Website Pendaftaran KTP Online Disdukcapil Tangsel

  1. Wakakakak…bener banget apa yg ditulis penulis…semoga menjadi masukan untuk perbaikan disdukcapil tangsel untuk menjadi lebih baik…semoga lo ya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us