Sah, Pemerintah Putuskan Idul Fitri Jatuh Pada Hari Kamis, 13 Mei 2021

JAKARTA, TANGSELPOS.com, Pemerintah melalui kementrian Agama Republik Indonesia menetapkan hari raya Idul Fitri jatuh pada hari Kamis Tanggal 13 Mei 2021. Penetapan tersebut berdasarkan hasil Sidang Isbat yang di gelar secara Daring dan Luring pada hari Selasa tanggal 11 Mei 2021. Sidang di pimpin langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Karena pelaksanaan sidang isbat kali ini masih dalam situasi pandemi, maka tidak semua perwakilan hadir secara fisik di Kemenag. 

Undangan sidang isbat dibatasi, hanya dihadiri menteri agama, wakil menteri agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR, serta sejumlah duta besar negara sahabat dan perwakilan organisasi kemasyarakatan. 

Metode Sidang Isbat terbagi menjadi 3 tahap, tahap pertama di mulai pada pukul 16.45 dengan agenda pemaparan posisi hillal awal syawal 1442 H oleh Tim Unifikasi kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Cecep mengatakan hilal awal Syawal 1442 H belum tampak di seluruh wilayah Indonesia pada hari ini, Selasa (11/5/2021).

“Semua wilayah Indonesia memiliki ketinggian hilal negatif antara minus 5,6 sampai dengan minus 4,4 derajat. Hilal terbenam terlebih dahulu dibanding matahari,” ujar Cecep.
Cecep menuturkan Kementerian Agama melakukan pengamatan hilal di 88 titik di seluruh Indonesia.

Hal ini disampaikan Cecep saat memaparkan data posisi hilal menjelang awal bulan Syawal 1442 H pada Sidang Isbat Awal Syawal 1442 H di Kementerian Agama, Jakarta.

Tahap ke dua diadakan setelah selesai solat magrib, pada tahap ke dua ini sidang masih dipimpin Menteri Agama diawali dengan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal.

Tahap ke 3 Konfrensi Pers penyampaian hasil Sidang Isbat yang disampaikan oleh Mentri Agama penyampaian hasil sidang Isbat dilakukan melalui media social kementrian agama dan TVRI disiarkan secara Live. Hasil sidang Isbat memutuskan 1 Syawal 1442 H jatuh pada hari kami tgl 13 Mei 2021.

(Visited 46 times, 1 visits today)
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Contact Us

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x