GLP (Gowes Lapan Poeloeh), Dari Segelintir Orang Hingga Jadi Komunitas Besar Di Tangerang

Kekuatan kuda di uji dengan jarak tempuh yang jauh, ketulusan hati di uji dengan persahabatan yang lama

Nancy Reagen

Sodikin, Dumyati, Rudi Ismail, Maya Damayanti, Edi, Abu Aziz dan Hidayat Halim, tidak akan pernah mengira, perjalanan mereka mengayuh sepeda satu tahun yang lalu, saat berkunjung ke rumah rekan mereka Haji Napsin di daerah Teluk Naga akan menjadi sebuah komunitas sepeda dengan jumlah anggota yang banyak.

Saat berkunjung kerumah H. Napsin, Penasehat GLP ( Sodikin beserta istri, Dumyati, Rudi Ismail, Maya Damayanti, Edi, Abu Aziz dan Hidayat Halim)

Kesamaan akan kecintaan mengayuh sepeda telah mempersatukan langkah dan hati mereka, padahal sebelumnya mereka tidaklah saling mengenal satu sama lainya, meskipun mereka berenam sama-sama tercatat sebagai Alumni STM 80 Tangerang (SMK N 4 Tangerang).

Ada pepatah mengatakan, ‘Burung-burung akan selalu bertengger di dahan yang sama‘, orang akan menarik satu sama lainnya dengan ikatan ketertarikan yang sama. Orang baik pasti senang bergaul dengan orang yang baik. Orang yang rajin pasti akan senang bergaul dengan orang yang rajin, orang yang gemar mancing pasti senang bergaul dengan mereka yang suka mancing. Sesuai hukum ketertarikan, orang akan bergaul dengan mereka yang memiliki ketertarikan yang sama.

Ketertarikan dan kecintaan mereka terhadap sepeda juga telah menarik rekan-rekan mereka di Ikatan Alumni STM 80 yang juga gemar bersepeda untuk ikut bergabung bersama di Komunitas GPL (Gowes Lapan Poeloeh) yang mereka bentuk. Komunitas yang di bentuk secara natural, alamiah tanpa ada rencana yang rumit-rumit, hanya posting aktifitas bersepeda yang mereka lakukan melalui media facebook, namun dari hari ke hari jumlah anggota komunitas GLP semakin bertambah.

Menurut Sodikin salah seorang pencetus Komunitas Gowes Lapan Puluh,

Sodikin, Alumni STM 80,angkatan 88, salah satu pendiri GLP

” Awalnya kita berenam, cuma pengen sepedaan maen ke rumah Haji Napsin, senior alumni STM 80 angkatan 90, dia paling mensupport adanya GLP terus pas ketemu beliau support, ngobrol-ngobrol timbul ide bikin komunitas, setiap kegiatan kita posting aja di Facebook, lama-kelamaan makin banyak yang liat, tertarik ikut gabung dan gak nyangka setiap ada kegiatan nih..itu yang ikut banyak banget”, tutur Sodikin saat menceritakan kenangannya di awal awal terbentuknya komunitas ini.

Dumyati, pendiri GLP Alumni STM 80 angkatan 93

Dumyati Dompret, yang juga pencetus Komunitas GLP ikut menceritakan, ” setiap acara alhamdulilah, gak ribet, mereka pada ikutan kolekan, yang namanya makanan itu melimpah gak kekurangan”, tutur Dumyati menambahkan.

Meski usia komunitas Gowes Lapan Poeleh masih berumur belum satu tahun, namun komunitas ini telah membuktikan kesolidannya, bahwa dengan kecintaan dan ketulusan akan dapat menyatukan dan menggerakan Alumni STM 80 dari berbagai angkatan. Ini dibuktikan dengan suksesnya agenda-agenda acara Gowes Bareng dan Bakti sosial yang telah mereka selenggarakan.

Dalam satu tahun ini Komunitas GLP (Gowes Lapan Poeleoh) telah sukses mengadakan Agenda-agenda kegiatan diantaranya:

1. Amazing Race Fun Bike DISPORA KOTA

Even ini dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2020, merupakan Even perdana yang diadakan GLP (Gowes Lapan Poeloh). Acara ini melibatkan semua angkatan di Alumni STM 80, pada even perdana ini GLP belum memiliki seragam komunitas, masih menggunakan seragam Kaos Reuni Akbar.

2. Acara Gowes Bareng (Gobar) 1

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2020, menempuh jarak PP dari titik kumpul STM 80 sampai Tanjung Kait. Jumlah peserta pada Acara ini kurang lebih 40 peserta.

3. Acara Gowes Bareng (Gobar) 2

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2020, Acara Gobar dari titik awal STM 80 ke tujuan Tama Kota 2 Kota Tangerang Selatan. Acara berlangsung meriah dan kekeluargaan. Masing masing peserta membawa makanan dan menyumbang seiklashnya di hidangkan di lokasi tujuan untuk dinikmati bersama-sama.

Sodikin bersama Dirut PDAM Tirta Benteng, Bang Yos Alumni STM 80 Angkatan 88
4. Acara Gowes Bareng (Gobar) 3

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2020, Lokasi tujuan pantai Tanjung Pasir. Acara Gobar 3 selain silahturahmi peserta melakukan kerja bakti bersih-bersih pantai Tanjung Pasir.

5. Acara Gowes Bareng (Gobar) 4

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2021, di sekolah Tercinta STM Negri Tangerang. acara gowes ini peserta melakukan kerja bhakti bersih-bersih sekolah.

H. Napsin, Alumni STM 80 Angkatan 90
6. Acara GLP Gowes Ziarah.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 2 April 2021, rute perjalanan menempuh jarak 170,9 km, Titik tujuan Masjid Banten lama, Lamanya perjalanan mereka tempuh 16 jam.

7. Ramadhan Berbagi.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 1 Mei 2021,

Komunitas sepeda GLP (Gowes Lapan Poeloeh), sebuah wadah bagi pecinta pengayuh pedal yang khusus diperuntukan bagi mereka yang tercatat sebagai Alumni STM 80 Tangerang. Tujuan dari Komunitas ini selain menjaga tubuh agar tetap sehat, juga memperkuat tali silahturahmi diantara sesama alumni. Ibarat bayi yang baru lahir komunitas ini masih butuh support agar bisa berkembang tumbuh menjadi besar.

Kalau usia masih satu tahun saja, GLP sudah begitu banyak sukses mengadakan event-event besar yang bermanfaat bagi orang banyak, apalagi jika komunitas ini menjadi besar, Menggoyang Tangerang adalah suatu keniscayaan yang dapat dilakukan.

Ayo.. kita dukung komunitas GLP wujud kebanggaan kita sebagai anak STM 80.

0 0 votes
Article Rating

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Contact Us

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x