Tips Dan Trik Menghindari Kejahatan Di Ruang Digital

Ruang digital bukan lagi menjadi ruang baru bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Semua usia, semua kalangan, semua lapisan masyarakat sudah terbiasa dengan telepon pintar mereka yang terkoneksi internet. Masyarakat sudah bisa merasakan berselancar di dunia maya, terkoneksi dengan handai taulan di tempat yang jauh, sampai sekedar berbagi photo di social media, juga masih banyak lagi.Dibalik kemudahan semua itu ada hal yang diam-diam mengancam.

Pada dasarnya terkoneksi dengan semua orang dari berbagai belahan dunia selain menyenangkan dan membawa manfaat juga bisa juga bertemu dengan orang-orang asing yang bermaksud jahat. Mereka memanfaatkan jaringat internet untuk mengambil manfaat secara tidak fair , membuat kerusakan yang tidak bertanggung jawab, atau malah berbuat kriminal.

Sudah barang tentu kita harus melindungi orang-orang tersayang di sekitar kita untuk bisa memanfaatkan dunia digital tanpa harus terjerembab dalam jebakan jahat yang dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Itulah pentingnya literasi digital, dimana pengguna dunia digital memiliki kecakapan, budaya, etika, dan memahami keamanan di dalamnya.

Sebagai bangsa yang terkenal paling dan sopan kita menjadi kaget ketika dalam Digital Civility Index 2020, Indonesia menempati ranking paling bawah se-Asia. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian kita. Belum lagi laporan Microsoft Security Endpoint 2019 juga menempatkan Indonesia sebagai pemilik kasus malware tertinggi.

Meluasnya akses masyarakat kepada internet juga harus dibarengi dengan kecakapan masyarakat Indonesia dalam menggunakannya. Sehingga manfaatnya bisa diambil secara maksimal dan kerentanannya bisa ditangkal sebaik mungkin. Baik dari sisi keterampilan menggunakan alat dan aplikasi, juga dari sisi etika dan budaya digitalnya.

Melalui program Literasi Digital Kementerian Komunikasi dan Informasi menyajikan rangkaian webinar yang bisa diikuti oleh semua Warga Negara Indonesia secara gratis. Khususnya bagi warga Tangerang dan sekitarnya jika ingin paham lebih lanjut mengenai “Tips dan Trik Menghindari Kejahatan di Ruang Digital” silakan ikuti webinar seperti pada poster terlampir.

0 0 votes
Article Rating

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Contact Us

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x