Mau Sukses Bisnis Online, Ikuti Webinar ini, Gratis!

Era digital adalah era dimana kemajuan teknologi digital telah masuk ke semua lini kehidupan sehari-hari manusia. Semua orang terhubung dengan jauh lebih mudah dengan internet. Perangkat atau gawai menjadi alat wajib yang dimiliki oleh semua orang. Tidak hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak, lebih-lebih pada masa pandemi ini.

Era digital membuat semua orang bisa berbagi informasi dengan sangat mudah. Tidak hanya sebatas itu bahkan, pengetahuan (knowledge) dan ilmu (science) pun mudah didapat di era digital ini. Tidak ada alasan untuk orang tidak pintar dalam era digital saat ini. Ya memang, DNA dari era digital ini adalah kebebasan berbagi informasi. Tinggal bagaimana pandai-pandai pengguna gawai (smartphone/laptop) mampu memilah dan memilih informasi yang baik dan benar dalam mengkonsumsi informasi maupun memproduksi informasi.

Memproduksi informasi? Ya, benar sekali. Era digital ini membuat semua orang semakin setara dalam hal informasi. Informasi tidak hanya bergerak searah tapi juga dua arah. Semua yang hidup di era digital ini bisa menikmati informasi dari berbagai belahan dunia juga pada saat yang sama bisa memproduksi informasi yang bermanfaat bagi banyak orang di seluruh dunia. Kita merasa hal-hal yang sifatnya global, yang tentu berasal dari negara-negara maju, merangsek dalam kehidupan sehari-hari tapi hari ini hal-hal lokal menjadi hal yang unik dan mampu menjadi konten yang menarik di dunia digital.

Begitu pula jika kita ingin berjualan, tidak hanya menggelar dagangan kita di depan rumah tetapi melalui platform pasar digital (e-commerce/market place) kita bisa menata dagangan kita di dalamnya dan bisa menjual ke masyarakat di lain daerah, atau malah ke berbabagi belahan dunia. Dari kebutuhan pokok sehari-hari, kerajinan tangan, peralatan rumah tangga, hingga berbagai alat elektronik mudah dijajakan dan menemukan pembelinya di aplikasi penjualan online tersebut.

Jika punya ketrampilan unik dan mau bekerja freelance, juga sangat memungkinkan. Aplikasi berbagai informasi pekerjaan-pekerjaan freelance juga banyak di dunia digital ini. Kita bisa menampilkan apa yang kita ingin tawarkan dan harganya pun sepenuhnya hak dari kita yang memberikan tawaran jasa. Jika kita belum merasa mampu, masih ingin mengembangkan ketrampilan atau pengetahuan, inipun sangat memungkinkan. Banyak situs yang bisa kita kunjungi dan kita bisa piliih jenis pengetahuan atau ilmu apa yang ingin kita pelajarai dan kita bisa mendapat sertifikat atas apa yang sudah kita pelajari tersebut.

Tidak ada alasan untuk tidak produktif di era digital saat ini. Asal kita mau, asal kita bisa meluangkan waktu, kita bisa semakin tumbuh pesat di era digital ini. Pengetahuan kita, ketrampilan kita, dan juga pundi-pundi keuangan kita bertambah.

0 0 votes
Article Rating

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Contact Us

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x