Anda Akan Menyesal Buang Nasi Sisa, Jika Ternyata Bisa Dibikin Begini

Ditengah wabah pandemi Covid 19, dimana kondisi perekonomian serba susah, bisa makan setiap hari tanpa hutang ke warung tetangga saja sudah bagus banget. Alangkah tidak bijaknya jika kita membuang buang makanan.

Namun sering kita alami dirumah, nasi yang kita masak kerap tersisa, meskipun beras yang kita masak sudah kita takar untuk kebutuhan makan sesuai jumlah anggota keluarga. Terkadang entah saat nafsu makan kita sedang tidak enak, atau tiba tiba tetangga sebelah mengantarkan makanan sehingga nasi dirumah yang sudah dimasak tidak termakan.

Biasanya ditangan ibu- ibu yang kreatif, nasi sisa ini di olah menjadi nasi goreng, atau di jemur untuk dijadikan cemilan. Bagi yang tinggal di perkampungan dan memiliki peliharaan ayam nasi sisa jadi pakan alternatif.

Namun banyak juga ibu-ibu yang membuang nasi sisa ini ke tong sampah. Padahal selain di buat nasi goreng atau di jemur, nasi sisa bisa dijadikan Camilan Lezat serupa cireng.

Begini cara membuatnya:

  1. Ulek, Tumbuk nasi sampai lembut dengan menggunakan cobek sedikit demi sedikit.
Nasi di tumbuk sampai halus

2. Setelah di nasi halus beri bumbu, berupa bawang putih, garam, bumbu penyedap atau royco yang sudah di haluskan.

3. Taburi nasi yang sudah dihaluskan dan diberi bumbu dengan tepung tapioka sedikit demi sedikit, remas remas remas, sampai jadi adonan seperti adonan roti.

Nasi di taburi dengan tepung tapioka
adonan nasi dan tepung yang sudah menyatu

4. Setelah adonan jadi, bentuklah adonan seperti bentuk perkedel, usahakan jangan terlalu besar dan tebal.

adonan di bentuk seperti ini

5. Langkah terakhir, gorenglah dengan api sedang hingga matang, dan Cireng Lezat dari nasi sisa siap untuk di hidangkan. Rasakan dan anda yang sering membuang nasi pasti akan menyesal.(her)

Cireng siap di nikmati

0 0 votes
Article Rating

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Contact Us

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x