Begini Cara Tahu Kita Dapat Bansos atau Tidak

TANGSELPOS.com. Banyak terjadinya penyimpangan penyaluran dana bantuan sosial yang telah dikucurkan oleh pemerintah menjadi pelajaran berarti bagi Kementerian Sosial untuk membenahi diri dengan membuat terobosan yang berarti guna memulihkan kepercayaan masyarakat.

Dinakhodai Tri Risma Harini, Kemensos telah melakukan terobosan dengan menyalurkan bantuan dengan sistem transfer langsung ke rekening warga penerima bansos.

Warga penerima bansos dibuatkan kartu Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), kartu sejenis Kartu ATM. Kartu ini berfungsi untuk mencairkan dana bantuan sosial melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) namun, penggunaannya hanya untuk mencairkan dana bantuan sosial, tidak bisa digunakan untuk transaksi seperti Kartu ATM lainya. Dengan sistem ini diharapkan dana bansos tidak bisa disunat oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Nah… Untuk sobat Tangsel yang ingin mengetahui apakah sobat termasuk warga yang berhak mendapat bantuan atau tidak, sobat bisa cek di link berikut: https://cekbansos.kemensos.go.id atau bisa ketik di search engine google dengan ketikan keyword “bansos”

Kemudian sobat pilih Cek Bansos Kemensos, maka akan muncul link pendaftaran website Kemensos dengan tampilan seperti dibawah ini:

Kemudian isi data diri sesuai dengan permintaan, jika tampilan seperti di bawah, terdapat pesan “Tidak Terdapat Peserta PM” Artinya ditempat anda tinggal termasuk diri anda belum atau tidak terdaftar sebagai penerima bantuan.

Namun jika di tempat sobat sudah ada yang mendaftarkan sebagai penerima bansos, dan anda juga sebagai orang yang terdaftar sebagai penerima bansos, maka nama Anda akan ditampilkan seperti dibawah ini:

Jika nama anda tercantum, artinya anda berhak menerima bansos dari Kemensos, segera konfirmasi ke RT setempat untuk mendapatkan surat panggilan guna mengurus administrasi ke Bank agar dibuatkan Kartu Keluarga Sejahtera guna mencairkan dana bansos yang akan ditransfer.

Bahrul Ulum, salah satu warga yang telah mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera merasa terbantu kali ini bisa merasakan bantuan pemerintah yang selama ini belum pernah ia terima,

“Saya mah dari dulu gak pernah dapet mas, yang dapet bansos orangnya itu-itu terus, saya sih berpikirnya ya udahlah..mungkin belum rezeki saya kali, mungkin masih ada yang lebih membutuhkan daripada saya, nah tahun ini saya coba urus tanya ke RT, Alhamdulilah sekarang dapet” begitu tuturnya.

Memang ditengah wabah pandemi dimana hidup kian sulit, bantuan dari pemerintah meskipun kecil itu sangat berarti paling tidak memberikan kepercayaan pada masyarakat bahwa pemerintah memang serius dan memiliki empati terhadap rakyat yang saat ini hidup dalam kesulitan(tgh).

0 0 votes
Article Rating

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Contact Us

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x