Buruh di Tangerang Berunjuk Rasa Tolak Kenaikan UMP 1,09%.

TANGERANG, TANGSELPOS.com. Ribuan buruh di Tangerang yang mengatasnamakan Aliansi Buruh Harian Bersatu yang berasal dari berbagai organisasi serikat buruh melakukan Aksi Unjuk Rasa kepada Pemerintah Daerah Menolak kenaikan UMP sebesar 1,09%.

Masa aksi buruh konvoi di Jl. Raya Manis kawasan Industri Jatake Kota Tangerang

Menurut salah satu peserta aksi, rencana aksi dimulai dengan berkonvoi di sekitar kawasan Industri Manis untuk menjemput perwakikan yang dari setiap perusahaan yang dilewati oleh masa aksi buruh. Aksi konvoi dengan sepeda motor menuju Citra Raya selanjutnya dari Citra Raya para buruh akan melanjutkan berkonvoi menuju Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Sempat terjadi ketegangan saat masa aksi meminta kepada perusahaan yang dilalui konvoi untuk memberikan dukungan dengan mengirimkan perwakilannya untuk ikut demo.

Babinsa, kepolisian, melakukan mediasi antara koordinator aksi dengan pemilik perusahaan.

” Kita bukan mau jahat, kita cuma ingin bukti berapa orang yang dikirim sama perusahaan untuk ikut aksi ini, kita memperjuangkan nasib mereka, masa mereka diem aja, kita sama sama buruh harusnya malu” tutur salah satu Koordinator aksi dalam orasinya.

“Kita hitung sampe sepuluh jika tidak ada yang keluar temen temen akan masuk..!”.Teriak salah seorang koordinator aksi lainnya dari mobil komando.

Berkat mediasi yang dilakukan oleh Babinsa dan aparat kepolisian akhirnya pihak perusahaan bersedia mengirimkan perwakilanya untuk berdemo. Sehingga tidak terjadi kericuhan.

Aksi demo yang digelar oleh buruh di daerah daerah, sejak tanggal 17 November di picu akibat tahun ini pemerintah hanya menaikan UMP sebesar 1,09%.

Menurut Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah dalam keterangan yang dilansir dari CNN Indonesia.com, Penentuan UMP 1,09/% sudah mengikuti Peraturan Pemerintah (PP) No. 36 tahun 2021 tentang Pengupahan.

Nilai rata rata UMP nasional 1,09%, di dapat dari simulasi data data dari BPS. Namun demikian penetapan UMP dan UMK propinsi tetap ditetapkan oleh Gubernur.(tgh)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Contact Us

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x