Inovasi Prodak Olahan Buah Salak, Di Kota Padangsidimpuan

Kota tempat tinggal saya tepatnya Di Kota Padangsidimpuan adalah Kota Di Provinsi Sumatera Utara yang dijuluki dengan sebutan Kota Salak, dikarenakannya banyaknya kebun salak.

Salak Padangsidempuan ini sudah lama dikenal oleh masyarakat. Salak yang diperjualbelikan dari kota ini berasal dari beberapa kecamatan yaitu Angkola Barat, Angkola Timur, Angkola Selatan, Merancar dan Sayur Matinggi.

Kecamatan Angkola Barat ini merupakan daerah yang memiliki luas area tanaman buah salak terbesar dan jumlah produksi salak terbanyak dibandingkan kecamatan lain di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Tanaman buah salak ini biasanya tumbuh subur di lereng gunung lubuk raya , yang memiliki ciri yang khusus dibandingkan dengan salak lainnya.Salak sidimpuan sudah tidak asing lagi didengar. Salak Sidimpuan ini memiliki buah yang berukuran lebih besar dan memiliki rasa yang unik dengan rasa manis-manis asam serta daging buah salak padangsidimpuan ini berwarna putih dan ada juga yang berwarna putih kemerahan.

Sejak tahun 1999 Menteri Pertanian RI telah menetapkan varietas lokal salak Kabupaten Tapanuli Selatan menjadi salak merah dan salak putih sebagai dua varietas salak nasional.

Kabupaten Tapanuli Selatan sudah lama dikenal sebagai penghasil asli buah salak. Salak merupakan buah yang tersedia sepanjang masa yang juga menjadi buah asli di indonesia,dan juga mengandung vitamin B2. Banyak beberapa jenis buah salak di indonesia seperti yg terkenal banyak ynag diketahui masyarakat di indonesia adalah salak pondok, salak bali, salak swaru dan yang akan kita bahas kali ini adalah salak padangsidimpuan dengan inovasi olahannya buah salak.

Salak merupakan buah yang tersedia sepanjang masa, tetapi pada saat panen serempak harga buah salak menjadi rendah, sehingga petani menjadi bingung untuk menjual buah salaknya. Bahkan, sering terjadi buah salak tersebut tidak jadi di panen oleh petani karena biaya operasional dan distribusi tidak sebanding dengan nilai jual yang sangat rendah. Maka muncul strategi dari para kelompok tani untuk mengolah buah salak menjadi bahan produksi yang dapat dijual dengan sistem kemasan sehingga jangkauan pemasarannya bisa lebih luas, tidak hanya di Tapanuli Selatan akan tetapi juga bisa diekspor ke luar negeri.

Tingginya produksi salak di Padangsidimpuan menjadi salah satu alasan atau ide dari unit unit usaha untuk memulai mendirikan sebuah industri pengolahan dari buah salak .

Olahan dari buah salak ini masih banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya, kalau buah salak itu banyak macam-macam olahannya seperti olahan sirup salak,dodol salak, kurma salak,keripik salak maupun minuman yang berbahan baku salak yang memiliki rasa dan aroma yangberbeda dengan olahan lainnya. Olahan yang terbuat dari buah salak ini merupakan salah satu jenis industri dengan memanfaatkan salak sebagai bahan baku utama. Sehingga salak di kabupaten tapanuli selatan ini dapat diolah dan di perjual belikan untuk kebutuhan yang berhubungan dengan niaga ataupun perdagangan.

Salah satu industri pengolahan salak yang terdapat di Kabupaten Tapanuli Selatan adalah pengolahan buah salak Agrina. industri ini merupakan suatu industri yang bergerak di bidang pengelolaan makanan dan minuman yang terbuat dari buah salak.

Adapun beberapa Inovasi Olahan Buah Salak Di Kota Padangsidimpuan yaitu:

●       Kurma Salak

Kurma salak ini berasal dari daging buah salak asli, yang diolah dengan proses sehingga menghasilkan cita rasa yang enak dan segar. Bahan utamanya Salak, gula dan garam. Cara pembuatannya sederhana, buah salak yang sudah dikupas dan dibersihkan kemudian direbus selama tiga jam. Dua kilogram salak dicampur dengan satu kilogram gula pasir untuk pembuatan adonan. Setelah ditiriskan buah kurma dipanaskan atau dijemur di bawah panas sinar matahari selama 2-3 hari, hingga buahnya mengerut dan bewarna berubah kecoklatan.

●       Dodol Salak

Dodol salak berpadu dengan cita rasa asam manis yang menggugah selera yang diolah sendiri dari buah salak pilihan dengan tepung ketan dan gula asli. Bahan utamanya buah salak, santan kelapa, gula pasir tepung ketan dan gula aren. Cara pembuatan dodol salak:

1.Buah salak untuk dodol haruslah yang matang dan baik tidak cacat dan tidak busuk.

2. Buah salak dikupas dan dicuci dengan bersih.

3. Pisahkan daging salak dengan bijinya.

4. Cuci bersih, rebus, kemudian digilingh dan dihaluskan.

5. Kelapa diperas dan diambil santannya kemudian dimasak.

6. Santan dan tepung diaduk hingga merata.

7. Masukkan daging salak yang sudah digiling.

8. Masak ± ¼ jam, kemudian masukkan larutan gula.

9. Masak hingga matang.

10. Tanda sudah matang, tidak lengket di daun pisang.

11. Kemudian taruh ke dalam cetakan, dinginkan kurang lebih 3 jam – 10 jam

12. Dodol siap untuk dikemas.

●       Keripik Salak

Keripik salak adalah keripik hasil olahan buah salak yang digoreng dengan cara khusus. Bahan utamanya salak, garam dan minyak nabati.Cara pembuatan keripik salak :

1. Buah salak untuk keripik harus matang, lekang dari buahnya dan dagingbuahnya tebal.

2. Buah salak dikupas kulitnya, dicuci bersih lalu dibelah dua vertikal

3. Biji salak dibuang dari daging buah.

4. Buah salak direndam dalam air garam dan tepung tapioka, kemudian tiriskan ± ¼ jam.

5. Nyalakan vacum frying, tekan tombol merah.

6. Nyalakan kompor gas

7. Setelah suhu 80 ˚C, masukkan daging salak dalam vacum.

8. Setelah 1½ jam, lihat suhu antara 80 – 85 ˚C, dan tidak ada uap air pada kaca vacum menandakan bahwa keripik salak sudah matang.

9. Keripik salak yang sudah matang, diangkat kemudian dimasukkan dalam kipas pengering.

10. Setelah kering, angkat dan dinginkan ± ¼ jam.

11. Keripik salak siap dipacking.

●       Sirup Salak

Sirup Salak Sidimpuan diolah dari buah salak bercita rasa tinggi dan kualitas yang bagus.Bahan utamanya sari salak dan gula. Dengan rasa khas buah salak dari Tapanuli Selatan. Cara pembuatan sirup salak:

1. Buah salak untuk sirup salak harus salak yang tidak rusak dan busuk serta buahnya sudah matang.

2. Buah salak dikupas kulitnya.

3. Pisahkan daging dengan bijinya.

4. Cuci bersih dengan air panas.

5. Masukkan dalam juicer kemudian peras.

6. Pisahkan ampas hasil perasaan.

7. Air salak hasil perasaan dimasak dengan gula pasir.

8. Setelah mendidih langsung dicetak dalam plastik cetakan.

9. Dinginkan dalam ember bak yang berisi air ± 3 jam.

10. Angkat air, potong-potong sesuia dengan ukuran.

11. Siap dikemas

Respon positif dari olahan buah salak yang dipasarkan yaitu kebanyakan menyukainya terutama yang sangat menyukai buah salak, yang mana buah salak ini bisa dijadikan berbagai olahan-olahan  makananan yang bisa dijadikan manisan dll.

              Saran Produk Olahan Buah Salak :

  • Memperluas kerjasama dengan toko oleh – oleh baik di padangsidimpuan maupun di luar provinsi, agar lebih berkembang dan dikenal banyak orang
  • Menambah tenaga kerja dan peralatan agar lebih maksimal memproduksinya

Melakukan perencanaan yang baik untuk kepentingan pengelolaan usaha saat ini mau pun untuk masa yang akan datang.

Penulis: Siti Angraini Muda Nasution, mahasiswi program studi Agribisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Contact Us

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x