Banyak Yang Gak Tau, Ternyata Sosok ini Yang Nyapuin Tiap Hari Jalan PDAM-Tangsel Sampe Bersih.

RAWABUNTU, TANGSELPOS.com – Hasanudin, atau orang-orang lebih mengenalnya dengan panggilan Udin Ketupat, lelaki kelahiran tahun 1949 setiap hari dari mulai jam setengah tujuh sampai dengan jam sembilan pagi berjalan menyusuri Jalan PDAM Kota Tangerang Selatan.

Sambil membawa sapu lidi, Udin Tupat menyapu mengumpulkan sampah demi sampah yang berceceran di tepi jalan, dia memulai dari sisi jalan yang dekat dengan tempat tinggalnya terlebih dahulu. Sampah sampah dikumpulkan, dimasukan kedalam plastik kresek atau karung diletakan di pinggir jalan untuk selanjutnya diangkut oleh petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan.

Seberapa jauhnya Udin mampu membersihkan jalan tergantung seberapa banyak sampah sampah yang ada di jalan tersebut,

“Tergantung sih pak, kalau sampahnya dikit biasanya bisa sampe jembatan” tutur Udin

Udin Tupat bukanlah petugas kebersihan, dia cuma seorang penduduk asli pribumi yang dengan ikhlash menyapu jalan demi kebersihan lingkungan disekitarnya.

Hanya untuk sekedar merasakan penghargaan atas jasa kecilnya, Udin Tupat menyediakan kotak kardus, bagi pengguna jalan yang mau berempati dipersilahkan memberikan sedikit rezeki dengan seikhlashnya.

“Kalau rezeki mah gak kemana, kadang dapet 20 ribu, kadang 10 rb gak nentu” tuturnya.

Sekarang ini usia Udin sudah 73 tahun. Lelaki dengan 7 anak, 21 cucu dan 6 cicit ini masih tampak segar dan kuat, meski penglihatannya sudah tidak jelas namun ingatanya masih tajam, ia sempat menceritakan kalau jalan PDAM dahulunya di tahun 1995 sempat dilewati mobil bus Pusaka.

“Dulu taon taon 95 ini bis pusaka lewat sini, truk juga, ada jembatan gede, begitu jembatan rubuh udah sampe sekarang gak pernah dilewatin lagi” kata Udin melanjutkan.

Sosok Udin Tupat telah membuktikan bahwa Usia berapapun dan latarbelakang apapun tidak menghalangi seseorang untuk tetap bisa melakukan kebaikan yang dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Udin Tupat berharap agar Pemerintah Kota Tangerang Selatan memperhatikan orang orang yang seperti dirinya, juga berharap agar masyarakat Tangsel lainnya ikut sadar menjaga kebersihan lingkungan, karena Tangsel sebagai kota yang modern, cerdas dan religius tercermin pada prilaku masyarakatnya yang tidak membuang sampah sembarangan (hen)

Reporter : Hendri Surya Kusuma

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Contact Us

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x