Cara Cepat Jual Tanah? Dijadiin Cluster Aja!

Memiliki tanah adalah investasi yang sangat berharga, mengapa?, harga tanah tidak pernah turun, bahkan cenderung naik dari tahun ke tahun, terlebih jika tanah berada di lokasi yang memiliki prospek cerah kedepanya. Namun kelemahan berinvestasi tanah ialah kesulitan saat kita ingin menjualnya. apalagi lahan dengan area yang luas ribuan meter persegi atau bahkan hektaran. Tidak mudah menemukan orang berduit yang mau membeli tanah dengan luasan berhektar-hektar tanpa bisa mengolahnya.

Solusi untuk menjual tanah yang luas supaya cepat terjual salah satunya dengan menjadikan tanah yang anda miliki menjadi perumahan. Dengan membagi-bagi luas tanah menjadi beberapa puluh kavling rumah maka peluang tanah terjual akan lebih mudah dibandingkan Anda menjual satu gelondongan hektaran tanah. Mengapa? karena rumah adalah kebutuhan primer manusia dan menurut survey kebutuhan akan rumah dari tahun ke tahun semakin meningkat. Orang semakin sadar pentingnya memiliki rumah sebagai investasi yang tidak pernah rugi.

Pada awalnya tanah yang rencananya anda akan jual dengan harga 200-500 ribu/meter persegi, saat sudah menjadi perumahan, Anda bisa menaikan nilai tanah anda menjadi lebih tinggi dengan menjual setiap unit rumah kepada pembeli.

Untuk mengetahui apakah tanah yang anda miliki cukup prospek dan layak dijadikan perumahan, Anda bisa gunakan jasa arsitek atau orang yang paham bergelut di dunia property dan developer untuk membantu anda, Dalam membuat :

Site Plan

Site plan adalah gambaran keseluruhan rencana perumahan yang akan dibangun nantinya dengan acuan ukuran batas tanah yang ada di sertifikat atau girig disesuaikan dengan kondisi sesungguhnya melalui Google Earth. Dengan menggunakan software Google Earth kita bisa membaca kondisi bentangan alam berupa akses jalan menuju lokasi, elevasi ketinggian tanah, berapa jarak lokasi tanah dengan object object fasilitas seperti stasiun, terminal, exit jalan tol dan lainya, yang dapat dijadikan potensi untuk memikat orang agar mau membeli rumah tersebut .

Setelah kita mempelajari lokasi tanah terhadap kondisi sekitarnya maka, kita akan bisa menyimpulkan seberapa besar potensi tanah yang kita miliki untuk dijadikan perumahan. Untuk menambah keyakinan kita buat perencanaan lebih detail dengan membuat Siteplan.

Dalam membuat siteplan kita bisa menggunakan sofware AUTOCAD. Batas tanah yang ada di sertifikat kita olah menjadi Siteplan, didalam siteplan ini kita bisa melihat, berapa luas lahan efektif yang bisa dijadikan perumaha, berapa ukuran dan jumlah kavling yang akan dibangun, fasilitas umum apa saja yang akan disediakan. menentukan entrance,pos jaga, pembuangan limbah air kotor, serta kondisi air bersih, apakah air bersih mudah atau sulit didapatkan. Karena air bersih hal yang sangat vital bagi lahan untuk perumahan.

Dengan menyesuaikan batas tanah yang ada di sertifikat atau surat girig, lalu kita sesuaikan dengan Google Earth maka akan didapat informasi mengenai lokasi tanah, ketinggian kontur, poisi akses jalan yang bisa dijadikan acuan dalam membuat siteplan

Dari gambar siteplan kita bisa memastikan berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk membangun sebuah perumahan tersebut dan berapa keuntungan yang akan didapat.

Contoh Site Plan

Bisnis adalah profit, dan bisnis membuat perumahan adalah bisnis yang bisa dihitung, namun seberapapun matangnya perhitugan tetap Tuhan yang menentukan rezeki kita semua. Namun usaha selalu berbanding lurus terhadap hasil dan Tuhan tidak tidur.

 

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Contact Us

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x