Gerakan Peduli Anak Yatim Kampung Sabi Bencongan

BENCONGAN, TANGSELPOS.com – DKM Masjid Nurul Hasanah bersama LPMK, Karang Taruna dan Tokoh masyarakat Kelurahan Bencongan mengadakan kegiatan santunan anak yatim pada hari Sabtu, (03/09/22) di Masjid Nurul Hasanah Kampung Sabi dalam rangka memperingati “Gebyar Muharram 1444 H”.

Kegiatan santunan anak yatim ini dilaksanakan sebagai wujud menanamkan kepedulian masyarakat terhadap anak yatim khususnya yang berada di wilayah Rw 02 kampung Sabi. Ada sejumlah 80 anak yatim yang terdata menerima santunan ini.

Dalam sambutanya Dulhalim, selaku ketua DKM masjid Nurul Hasanah memberikan pesan dan penjelasan tentang keutamaan menyantuni Anak yatim.

“Kegiatan santunan yatim ini sangat bagus dan wajib untuk terus dilaksanakan sebagai wujud kepedulian terhadap sesama dalam hal ini anak yatim. “Demi Yang Mengutusku dengan haq, Allah tidak akan menyiksa pada hari kiamat nanti orang yang menyayangi anak yatim, lemah lembut pembicaraan dengannya, serta menyayangi keyatiman serta kelemahannya.” (HR Thabrani dari Abu Hurairah)”. Tutur Dulhalim

Dulhalim juga mengucapkan terima kasih kepada ketua pelaksana acara dan kepada masyarakat yang telah mendukung kesuksesan acara tersebut.

“Ucapan terima kasih diucapkan kepada ketua panitia yaitu Kh. Sonhaji dan jajaran yang telah menyelenggarakan kegiatan santunan yatim di wilayah RW 02 kampung Sabi Kelurahan Bencongan ini”, kata Dulhalim melanjutkan pidatonya.

Menurut KH. Sonhaji, selaku ketua pelaksana kegiatan menjelaskan bahwa akan begitu bayak keberkahan dan hikmah yang didapatkan jika menyantuni anak yatim, sesuai dengan hadist

 “Orang-orang yang memelihara anak yatim di antara umat muslimin, memberikan mereka makan dan minum, pasti Allah memasukkannya kedalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.”(HR TirmidzidariIbnu Abbas).

KH. Sonhaji mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur baik di dalam maupun luar lingkungan Rw 02 kampung Sabi yang telah menyisihkan rizkinya demi anak-anak yatim. Dia juga berharap agar kegiatan ini terus kedepannya terus dilestarikan dan dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

“Harapan kedepan mudah-mudahan hal hal baik seperti ini akan sering dilakukan diwilayah kita untuk mengayomi adik adik yatim”, ungkap KH. Sonhaji selaku Ketua Pelaksana dalam kegiatan ini.

Adi Nugraha selaku Lurah Bencongan dalam pidato sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini.

“Kegiatan santunan yatim ini sangat bagus dan untuk terus ditingkatkan agar kedepan acara seperti bisa terus berjalan,  sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat.  Khususnya dalam hal ini menyayangi dan menyantuni anak yatim. Karena hal ini sangat di sukai oleh Rasulullah saw. Semoga kita semua senantiasa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.Aaamiin” tuturnya.

Turut hadir juga ketua LPMK Bencongan,  H. Agus Langlang ia mengatakan dalam sambutannya, bahwa anak yatim merupakan titipan Allah yang harus ama-sama dijaga , agar  semua dapat bersama sama memperhatikan, menyayangi dan menyantuni mereka.

“Alhamdulillah LPMK Bencongan selalu bisa hadir di tengah masyarakat Bencongan terutama untuk mendukung dan membantu mensukseskan kegiatan santunan yatim ini”. tuturnya

“Kegiatan seperti ini merupakan hal positif yang harus selalu di dukung dan dipertahankan,  agar lebih banyak anak yatim yang merasakan manfaat dari Kegiatan ini. Ada sebuah pesan motivasi dari Rasulullah yaitu “Barang siapa mengusap kepala anak yatim piatu laki-laki atau perempuan karena Allah, adalah baginya setiap rambut yang diusap dengan tangannya itu terdapat banyak kebaikan.”  (hadist yang diriwayatkanoleh Abu Hurairohrah) . Melanjutkan pidatonya

“Kegiatan santunan ini akan terus dilakukan pada setiap bulan Muharam, karena tujuan kita dengan memberikan santunan maka kita turut peduli dan senantiasa membahagiakan anak anak yatim beserta orang tuanya” tutur H Agus Langlang Buana.

Reporter; Jatmiko DSJ

1.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Contact Us

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x