Gelar Webinar Nasional, Fokdem Tegaskan Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Hukum Indonesia

TANGSELPOS.com, TANGERANG SELATAN – Forum Konstitusi dan Demokrasi (Fokdem) menggelar seminar nasional secara daring, Sabtu (19/11).

Acara dibuka oleh Master of Ceremony, kemudian diserahkan kepada Ketua Umum Fokdem, Alvin Faisal selaku moderator.

Asisten staff khusus Wakil Presiden, Dr. Khamami Zada, M.A. beliau menjelaskan bahwa UUD sebagai hukum tertinggi yang tertulis, sedangkan pancasila sebagai norma dasar dan acuan dasar bagi seluruh peraturan.

“Dalam pancasila terdapat nilai-nilai penting sebagai asas seseorang menjadi pemimpin yang di dalamnya memiliki kandungan nilai musyawarah serta mengutamakan kebijaksanaan” tegasnya, Sabtu (19/11)

Selanjutnya, Dr. Khamami menuturkan sebuah solusi untuk mendamaikan disharmoni kekeliruan hukum dengan menggunakan nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila. Pancasila sebagai puncak hierarki perundang-undangan sudah seharusnya dan sangat penting.

Sementara itu, Dr. Muhammad Junaidi, S. HI., M.H Wakil Rektor III Universitas Negeri Semarang. Menerangkan Pancasila sebagai resultante/kesepakatan politik yang dibuat oleh pendiri bangsa dan sebagai upaya penyelenggaraan negara oleh pemerintah untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

Beliau juga menegaskan, “Pancasila haruslah ditransformasikan ke dalam bentuk peraturan perundang-undangan yang berlaku”, Sabtu (19/11)

Lalu dibuka sesi tanya jawab antara peserta dengan pemateri. Terdapat pertanyaan dari salah satu peserta, jika dilihat dari permohonan judicial riview di Mahkamah Konstitusi yang cukup banyak. Apakah penerapan kaidah pancasila masih kurang dalam penyusunan Undang-undang?

Kedua pemateri memiliki kesinambungan pendapat dimana Mahkamah Konstitusi merupakan bentuk dari upaya controller produk hukum oleh para pembuat hukum, dimana hukum dalam hal politik diciptakan untuk sebuah kepentingan. Politik menjadi determinan hukum, maka Mahkamah Konstitusi merupakan bentuk check and balance antara pembuat hukum dengan masyarakat.

Kesimpulan juga diberikan oleh moderator, “Pada dasarnya nilai-nilai pancasila ini dekat dan melekat dalam diri kita, seperti dalam kehidupan sehari-hari, bersosial masyarakat, berpolitik, beragama, maupun berhukum. Haruslah kita berpedoman dengan pancasila, begitu pula dengan pembentukan hukum di indonesia. Hukum yang dibentuk tentunya harus sejalan berirama dengan nilai-nilai pancasila”.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Contact Us

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x